Tips Membuang Obat Kadaluwarsa

Pasti setiap rumah mempunyai sisa obat yang sudah tidak terpakai atau sudah kadaluwarsa. Dari pada kita menyimpan saja di rumah akan menjadi bahaya ketika ada keluarga kita yang meminum obat tersebut bisa beresiko keracunan. Nah dari pada kita simpan di rumah lebih baik kita buang, berikut Tips Membuang Obat Kadaluwarsa.

obat kadaluwarsa

Sebaiknya setiap obat yang sudah tidak terpakai lagi harus cepat segera dibuang karena bisa membahayakan keluarga kita ketika meminumnya.

Berikut tips yang dianjurkan membuang obat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan :

  1. Sebelum membuang obat disarankan hilangkan merk atau label pada obat tersebut, ini berfungsi untuk menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab agar tidak dijual kembali.
  2. Siapkan air, tanah dan sampah untuk obat-obat seperti krim, salep, tablet, kapsul, dan bentuk padat. Setelah hancurkan obat kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang telah disiapkan. Ini bertujuan agar bau obat tidak tercium dan menghindari dijual kembali oleh oknum tidak bertanggung jawab.
  3. Buat kamu yang biasa menggunakan koyo jangan langsung membuang dalam bentuk utuh. Hancurkan dan remas agar tidak dapat digunakan kembali.
  4. Untuk obat cair seperti sirup Anda dapat langsung membuangnya ke dalam toilet. Tapi untuk sirup antibiotik, antijamur dan antivirus sebaiknya jangan di buang di toilet Anda yaa.

Untuk point 4 mengapa kita dianjurkan jangan membuang obat sirup antibiotik, antijamur dan antivirus di dalam toilet karena bakteri pembusuk yang berada di dalam gorong-gorong saluran toilet Anda akan mati terkena cairan obat-obat tersebut.

Baca Juga : trik memilih make up saat musim hujan

Disarankan untuk obat-obat tersebut lebik baik dibuang di tanah atau bisa juga dengan mencampurkan air atau bahan-bahan lainnya. Untuk tindakan amannya lebih baik Anda menghubungi Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota atau kabupaten tempat tinggal Anda, atau otoritas pengelolaan sampah lokal untuk mendapatkan informasi mengenai cara buang obat yang benar di daerah Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat ya guys agar kita lebih hati-hati lagi dalam membuang obat yang sudah tidak terpakai lagi. Share bila artikel ini memberikan manfaat agar orang lain juga bisa melakukannya dirumah masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares